kaos BW online

Jumat, 23 September 2011

Logo Kota Singkawang



Logo Kota Singkawang - Warna
Logo Kota Singkawang - Hitam











Nama Resmi    : Kota Singkawang
Ibu Kota           : Singkawang

Provinsi            : Kalimantan Barat


Sejarah

Awalnya Kota Singkawang merupakan bagian dan Ibukota dari wilayah Kabupaten Sambas (UU. Nomor : 27 Tahun 1959) dengan status Kecamatan Singkawang, dan pada tahun 1981 Kota ini menjadi Kota Administratif Singkawang (PP Nomor 49 Tahun 1981), Kota ini juga pernah diusulkan menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Singkawang yaitu melalui usul pemekaran Kabupaten Sambas menjadi 3 (tiga) daerah Otonom. Namun Kotamadya Daerah Tingkat II Singkawang belum direalisir oleh Pemerintah Pusat, waktu itu hanya Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkayang yang disetujui, sehingga wilayah Kota Administratif Singkawang menjadi bagian dari Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkayang (UU Nomor : 10 Tahun 1999), sekaligus menetapkan Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Sambas beribukota di Sambas.

Kondisi tersebut tidaklah membuat surut masyarakat Singkawang untuk memperjuangkan Singkawang menjadi Derah Otonom, aspirasi masyarakat terus berlanjut dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Sambas dan semua elemen masyarakat Seperti : KPS, GPPKS, Kekertis, Gemmas, Tim Sukses, LKMD, Para RT serta organisasi lainnya. Melewati jalan panjang melalui penelitian dan pengkajian terus dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat maupun Tim Pemekaran Kabupaten sambas yang dibentuk dengan Surat Keputusan Bersama antara Bupati Sambas dan Bupati Bengkayang No. 257 Tahun 1999 dan No. 1a Tahun 1999 tanggal 28 September 1999, serta pengakjian dari Tim CRAIS, Badan Petimbangan Otonomi Daerah.

Akhirnya Singkawang terwujud menjadi Daerah Otonom berdasarkan Undang-Undang Nomor : 12 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Singkawang, diresmikan pada tanggal 17 Oktober 2001 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah atas nama Presiden Republik Indonesia.


Arti Logo

Lambang Kota Singkawang diambil dari berbagai potensi, dengan makna yaitu :  

a.     Makna Warna :  
-     Merah        :  Keberanian
-     Putih           :  Kesucian
-     Hijau          :  Kesuburan
-     Biru            :  Ketentraman
-     Kuning       :  Keluhuran dan Keagungan  

b.     Makna Gambar :  
-    Bintang, Ketuhanan Yang Maha Esa
-    Padi dan Kapas, Kesejahteraan dan Kemakmuran, merupakan tujuan seluruh
masyarakat Kota Singkawang
-    Rantai dan Roda Gigi, Persatuan dan Kesatuan dalam roda pembangunan
-    Gunung, Keteguhan dan Kekokohan
-    Laut, Wawasan dan Pandangan yang luas
-    Tugu, Tonggak bersejarah perjuangan Kota Singkawang
-    Pita Bertuliskan "Kota Singkawang", melambangkan identitas Kota Singkawang
-   Jumlah Padi dan Kapas serta Angka 2001, melambangkan Peresmian Pembentukan Kota Singkawang tanggal 17 Oktober 2001, yang dijadikan Hari Jadi Kota  Singkawang
-    Buku, melambangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Peraturan
perundang-undangan
-    Tulisan “Bersatu Untuk Maju”, melambangkan Motto Kota Singkawang



Alamat Website :
http://singkawangkota.go.id/



Kami juga menyediakan file dalam format cdr bagi yang memerlukan, untuk mendapatkannya silahkan tinggalkan pesan pada halaman komentar / comment di bawah, sertakan juga email anda untuk kami hubungi & mengirim file yang diminta (diperlukan donasi anda). Terima kasih atas kunjungan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar