kaos BW online

Senin, 26 September 2011

Politeknik Negeri Pontianak


Logo POLNEP - Warna
Logo POLNEP - Hitam


Nama Resmi     : Politeknik Negeri Pontianak
Singkatan          : POLNEP
Lokasi               : Pontianak

Provinsi             : Kalimantan Barat



Sejarah

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) berdiri pada areal tanah 6.3 hektar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 80/DIKTI/KEP/1985. Pada awal berdirinya Polnep memiliki nama Politeknik Universitas Tanjungpura dengan 3 jurusan, yaitu:

(a) Teknik Sipil,
(b) Teknik Mesin, dan
(c) Teknik Elektro.

Tahun 1994 dibuka Jurusan Tata Niaga dengan program studi Akuntansi dan Administrasi Niaga (selanjutnya, tahun 1997 menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis). Pada tahun 1988, Polnep memperoleh status otonomi penuh dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Pontianak, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Tanggal 27 April 1997 Nomor : 079/0/1997, tanggal ini juga dijadikan hari dies natalis.

Tahun 1999 dibuka Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan. Tahun 2002 dibuka Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Program Studi Budidaya Perikanan. Tahun 2003 bertambah dengan Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Tahun 2007 bertambah satu Program Studi yaitu teknik Elektronika. Pada tahun 2008 Polnep kembali menambah Program Studi Baru untuk jenjang DIV yaitu : Teknik Perencanaan Perumahan dan Pemukiman, Administrasi Instansi Pemerintahan dan Akuntansi Sektor Publik. Tahun 2009 membuka Program Studi Teknik Informatika dan pada tahun 2010 kembali membuka Program Studi Operator dan Peralatan berat jenjang DI.

Pada saat ini Polnep memiliki tujuh jurusan yang terdiri atas duabelas program studi D III,tiga program studi DIV, satu program studi DI dan satu program kerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum,membuka program pendidikan D III danD IV Pusbiktek, Status akreditasi tertinggi adalah B.


Arti Logo

Politeknik mempunyai lambang dengan simbol-simbol sebagai berikut :
  1. Pusat lambang Tugu Khatulistiwa berwarna hitam merupakan ciri propinsi Kalimantan Barat dan khususnya kota Pontianak sebagai kota khatulistiwa.
  2. Tanda panah berwarna merah mengarah ke kanan di pusat lambang menunjukkan visi global Politeknik Negeri Pontianak.
  3. Roda gigi berwarna abu-abu yang berarti kerja keras atau lambang sumber daya manusia yang selalu bekerja keras. 
  4. Butiran air disusun berbentuk sayap berwarna kuning keemas-emasan menunjukkan ciri propinsi Kalimantan Barat dan melambangkan kemakmuran.
  5. Butiran air berjumlah 12 di kiri dan 12 di kanan menunjukkan keseimbangan dan ketepatan baik waktu, ukuran dan aturan.
  6. Bingkai segi lima berwarna hitam yang melingkari lambang keseluruhan menunjukkan dasar negara yaitu lima sila yang tercantum dalam Pancasila. 
  7. Di bawah pusat lambang tercantum tulisan POLNEP menunjukkan singkatan Politeknik Negeri Pontianak.
  8. Warna dasar lambang berwarna biru langit menunjukkan keluasan dan ketinggian yang berarti ilmu pengetahuan harus dikejar setinggi mungkin.


Kami juga menyediakan file dalam format cdr bagi yang memerlukan, untuk mendapatkannya silahkan tinggalkan pesan pada halaman komentar / comment di bawah, sertakan juga email anda untuk kami hubungi & mengirim file yang diminta (diperlukan donasi anda). Terima kasih atas kunjungan anda.

1 komentar: